Home Catch Report Semah Putussibau

Semah Putussibau

by -
15095

Semah! WOW! mendengar namanya membuat saya menjadi galau karena melihat beberapa foto angler dari teman Putussibau di account jejaring sosial mengingatkan saya akan ekspedisi masa-masa sebelumnya.

Semah Putussibau - Fish On Mag 1

Saya terbayang-bayang akan tarikan ikan air pergunungan ini. Kopi darat pun dilangsungkan untuk mencari teman-teman yang mahu diajak bergabung dalam trip kali ini. Anom Alamak, Otong Alamak, Arif Budiman dan saya Wijaya Caster akhirnya sepakat melaksanakan trip atas undangan teman-teman dari Kabupaten yang sangat jauh ini yaitu Kabupaten Kapuas Hulu.

Semah Putussibau - Fish On Mag 34

Trip dilaksanakan pada Tanggal 28 Maret 2013 tepat pada pukul 16:00. Perjalanan trip ini kami laksanakan dengan menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 18 jam diselingi beberapa kali istirahat untuk menghilangkan penat dan rasa mabuk yang mendera. Angler juga masih bisa mabuk darat masbro…..

Semah Putussibau - Fish On Mag 39

Dan akhirnya tepat pada pukul 10:00 pagi kami tiba di Kabupaten Kapuas Hulu dan disambut dengan teman-teman yang telah bersiap dengan berbagai macam perlengkapan dan logistic kami selama melakukan trip ini diantaranya: Budi Budap, Pejuang Hamaz, Ivan Prasetya serta Bang Mardan.

Semah Putussibau - Fish On Mag 3

Sebelum berangkat menuju spot kami melakukan sarapan pagi yang sudah terlambat sekaligus melakukan cek dan ricek atas semua perlengkapan dan perbekalan kami. Tepat pada pukul 13:00 setelah melakukan sholat Jumat kami melakukan perjalanan menuju spot menggunakan 2 buah ‘long boat’ yang telah didesain khusus untuk mengarungi sungai-sungai berarus deras.

Semah Putussibau - Fish On Mag 10

Dalam trip ini kami ditemani oleh Bapak Kepala Desa setempat yaitu Pak Zainal yang bertindak sebagai motoris dan Bang Along sebagai juru batu (istilah penunjuk alur yang tepat untuk dilalui) pada long boat pertama dan Bapak Coy sebagai motoris serta bang Al pada long boat kedua. Kami juga membawa dua sahabat kecil kami: Raihan dan Ibad yang mana putera dari Pak Zainal dan Pak Coy keduanya gemar berpetualang dan memancing mengikuti jejak sang ayah mereka.

Semah Putussibau - Fish On Mag 36

Setelah menempuh 3 jam perjalanan akhirnya kami memutuskan untuk berhenti mengingat hari yang sudah gelap dan mendung disertai hujan rintik rintik untuk mendirikan tenda peristirahatan kami untuk malam pertama ini. Masing-masing personil mengerjakan tugas dan tanggungjawab serta bergotong-royong dalam membangun base camp kami. Setelah semuanya selesai kami pun langsung mempersiapkan tackle, karena sudah tidak sabar untuk memancing dan sekaligus mencari lauk untuk makan malam kami.

Semah Putussibau - Fish On Mag 7

Tidak perlu waktu yang lama semua para angler sudah berkonsentrasi melakukan testing lure dan berpencar mencari spot yang potensial menurut insting masing-masing. Teriakan Budi Budap membahana memecah konsentrasi kami.

Semah Putussibau - Fish On Mag 2

STRIKE!!!! Hahahaha…. ternyata beliau mendapatkan sambaran tepat di depan tenda peristirahatan kami. Dengan berhati-hati dan perlahan-lahan beliau melakukan fight dan berhasil menaikan seekor ikan semah berbobot 1.8kg. Hahahaha! Tawa mengejek pun keluar dari pita suara beliau membuat para castinger lain tersenyum sinis. Dengan bangga iya menyebutkan umpan spoonnya tetap yang terbaik dan langsung berpose terbaik untuk diabadikan melalui kamera yang kami bawa.

Semah-Putussibau-Fish-On-Mag
Semah Putussibau - Fish On Mag 32

Tak lama berselang teriakan Otong Alamak lagi lagi membuat kami tertawa tawa. Dengan fight yang cukup singkat dia berhasil menaikan 1 ekor Hampala berukuran yang lumayan buat bikin bangga. Hari menjelang malam segala macam masakan sudah siap untuk dihidangkan yaitu ikan bakar semah dan masakan ikan sungai lainnya yang diperoleh dari para teman-teman yang memasang jaring. Canda tawa dan cengkrama sesama semua personil memenuhi suara tenda kami disertai bunyi senandung hewan hewan malam. Kamipun beristirahat untuk menyiapkan tenaga guna perjalanan esok hari menuju spot yang sesungguhnya.

Semah Putussibau - Fish On Mag 22

Dalam perjalanan menuju spot yang lebih kehulu sungai, kami langsung melakukan kegiatan memancing. Dalam perjalanan beberapa teman juga mengalamai strike ikan Semah dan Hampala tetapi ukurannya tidak begitu besar. Sepanjang perjalanan kami disuguhkan dengan pemandangan-pemandangan hutan serta merasakan suasana alam serta gemericik air riam yang mana ikan-ikan berenang sungguh terlihat jelas tanpa menggunakan kacamata khusus. Wow!!! sangat menakjubkan!

Semah-Putussibau-Fish-On-Mag-9

Berkali-kali kami terpaksa harus turun mendorong long boat kami yang tersangkut dikayu dan bebatuan dikarenakan kondisi air yang surut. Huhhhh… sungguh melelahkan tetapi sangat seru dan mengasikan disinilah kerja sama tim harus diterapkan. Sehingga muncul kata-kata: SATU-SATUNYA JALAN YA LEWAT SATU-SATU UNTUK SAMPAI TUJUAN KEDEPAN. Ini maksudnya karena jalannya hanya muat buat 1 long boat makanya jalannya mesti satu-satu untuk sampai pada tujuan didepan.

Semah Putussibau - Fish On Mag 14

Setiba dibase camp kedua seperti biasa pembagian tugas dan tanggungjawab tetap pada porsinya masing-masing. Pekerjaan pendirian tenda pun berlangsung dengan cepat. Kami semua bergegas langsung menuju kehulu sungai dan kemudian drifting dan landbase.

Semah Putussibau - Fish On Mag 18

Ditempat pemberhentian terakhir longboat, Pejuang Hamaz langsung tancap gas pada lemparan pertama langsung. Strike!!! Saya perhatikan hampir 5 menit beliau fight terhadap sambaran ikan kali ini. Karena air yang bening jelas terlihat dimata saya seekor Semah Monster telah menyambar lure spoon andalannya dan ikan ini memang tidak mahu menyerah ditambah dengan arus sungai yang tidak begitu deras membuat rod 17lbnya beraksi parabolic! Huhhhh….menyeramkan!!! Tetapi akhirnya TEZZZZZ….benang 40lbnya putus!!! Raut muka kecewa jelas terlihat dimuka beliau!!! Tenang waktu masih panjang ujar saya memberi semangat.

Semah Putussibau - Fish On Mag 16
Semah Putussibau - Fish On Mag 15

Durasi strike dihari kedua ini cukup banyak sekali diantaranya Arif Budiman yang sukses menaikan beberapa ekor Hampala yang merupakan tarikan ikan Hampala pertama beliau. Senyum sumringah pun keluar dari bibirnya.

Semah Putussibau - Fish On Mag 12
Semah Putussibau - Fish On Mag 27

Otong Alamak yang sudah tak terhitung strikenya meskipun hanya berukuran sedang serta Ivan Prasetya yang selalu bereksperimen dengan lure topwaternya sudah berhasil menaikan beberapa ekor ikan Semah dan Hampala. Serta Budi Budap dan Pejuang Hamaz yang bisa dibilang BEST OF THE BEST dihari kedua ini karena sangat banyak menaikan ikan dengan spoon andalannya.

Semah Putussibau - Fish On Mag 6

Kegiatan memancing hari kedua ini kami lakukan sampai pada pukul 13:00 dikarenakan semuanya sudah puas dengan strike masing-masing sehingga kami memutuskan untuk kembali ke camp dan bersantai-santai tetapi diantaranya masih ada yang melakukan kegiatan memancing.

Semah Putussibau - Fish On Mag 5

Sambil menunggu malam kami membakar beberapa ikan hasil tangkapan kami dan beristirahat dipantai berbatu ditemani suara alam. Sangat menyegarkan dan membuat rileks semua beban pikiran dan canda tawa serta gurauan mewarnai hari ini hingga larut malam. Kamipun beristirahat guna mengumpulkan tenaga untuk besok harinya.

Semah Putussibau - Fish On Mag 20

Tepat pada pukul 07:00 kami semua sudah siap berangkat untuk pulang sambil berkemas dan melakukan sarapan pagi sesekali saya melihat teman-teman melempar lure-lure andalan masing-masing dilokasi depan tenda persitirahatan kami. Kali ini Budi Budap yang ketiban rezeki JACKPOT! Umpannya disambar seekor hampala MONSTER!

Semah Putussibau - Fish On Mag 19

Kami pun tertawa-tawa melihat aksi beliau yang terkejut karena diluar dugaan lurenya disambar oleh ikan dan kami mengabadikannya dengan membuat video singkat dan berkali-kali mengambil gambar ikan terbesarnya. Lagi-lagi senyum kebanggan beliau terpancar dari mukanya yang segar setelah mandi pagi.

Semah Putussibau - Fish On Mag 17

Teknik drifting akan kami terapkan dihari terakhir ini mengikuti arus sungai sambil menuju jalan pulang. Durasi strike yang didapatkan semua teman-teman juga sangat banyak dihari terakhir ini. Saya dan Pejuang Hamaz pun beraksi dengan menaikan masing masing 1 ekor Hampala yang mana berat dan ukurannya sama kembaran kali tetapi didapatkan dilokasi yang berbeda.

Semah Putussibau - Fish On Mag 13

Tarikannya sungguh luar biasa yang membuat saya kewalahan meladeninya mesti tersangkut dan harus diselam. Ikan berhasil lepas dari sangkutan dan saya kembali meladeni perlawananya. Tidak begitu lama ikan berhasil dinaikan. Sungguh puas rasanya! Ikan yang cukup besar dan membuat treble saya terbuka dan hampir lepas!

Semah Putussibau - Fish On Mag 26
Semah Putussibau - Fish On Mag 25
Semah Putussibau - Fish On Mag 24

Begitu juga dengan Pejuang Hamaz yang yang melakukan fight dengan sangat hati-hati dan mendebarkan. Bunyi reel yang tak henti-hentinya membuat saya bertanya-tanya sebesar apa ikan yang diperolehnya. Akhirnya seekor Hampala monster juga behasil dinaikan dan menjadi penutup perolehan STRIKE kami pada trip kali ini…. BRAVO!!!!

Facebook
The media channel for Rapala South East Asia featuring a collection of product information, catch reports & fishing journals from all over South East Asia. Fish On! Live Your Passion! www.fishonmag.com