Home Catch Report Perjalanan Ke Timika (Bahasa Indonesia)

Perjalanan Ke Timika (Bahasa Indonesia)

by -
3010

Hallo! Apa kabar semua para pembaca Fishonmag.com? Semoga semua selalu baik dan dalam lindungan Tuhan. Cerita kali ini tentang perjalanan saya ke wilayah timur Indonesia tepat di Timika, Papua Indonesia. Keinginan untuk membawa kaki ini menginjak tanah Papua sudah lama sekali dimana hanya bisa menikmati keindahannya melui saluran internet dan media social yang mempromosikan tentang indahnya Alam Papua.

Lampu BBM berkelap-kelip menandakan adanya pesan masuk setelah saya baca ternyata ajakan dari seorang teman Hadi Wijaya untuk pergi ke Timika menemani perjalanan bisnis beliau. Tanpa pikir panjang ajakan itu saya terima dengan sepenuh hati. Meskipun tanpa ada rencana pergi memancing disana tetapi set tackle dan umpan andalan saya bawa dengan harapan ada jeda waktu untuk pergi memancing.

Penerbangan panjang pun saya lakukan dengan menempuh jarak Pontianak-Jakarta-Makassar-Timika hitung punya hitung kurang lebih 14 jam perjalanan penerbangan. Huh…melelahkan…

Tepat pukul 09:00 saya mendarat di Bandara International Timika dan dijemput oleh Pak Daeng dan langsung bertemu dengan Ko Afui dirumahnya. Beliau langsung membuka pembicaraan memancing dan beliau bercerita tentang hasil hasil memancing dia dan beberapa teman disertai dengan menunjukan foto dan video. Hati ini bergumam semoga ada kesempatan untuk pergi memancing. Akhir cerita entah angin darimana setelah selesai makan siang beliau menyuruh saya dan Hadi Wijaya pergi memancing dulu baru selesaikan urusan yang lain. Kami menyambutnya dengan antusias diiringi tawa Pak Daeng dan Ko Chun. Siap MANTABZ! Tetapi beliau mengatakan tidak bisa ikut serta karena adanya urusan yang tidak bisa ditinggalkan tetapi beliau dengan senyumnya mengatakan silahkan pergi dan bersenang-senang rasakan kepuasan memancing diperairan Timika.

Persiapan perlengkapan pun langsung kami lakukan serta logistic perbekalan kami selama trip ini. Yang membuat saya heran dan bingung ketika persiapan tackle. Wow! Ternyata tackle para pemancing disini kelas ‘hard’ semua untuk kategori casting benang PE saja. Mayoritas mereka menggunakan 40lb dan joran kelas 40lbs serta ukuran lure yang panjang rata rata 12-14cm. Bayangkan sendiri ya. Hal ini termasuk sangat wajar karena ikan-ikan yang mereka pancing ukurannya monster semua. Tapi saya tetap percaya diri menggunakan perlengkapan peralatan yang saya bawa sesuai kebiasaan saya memancing.

Pukul 02:00 perjalanan dimulai menuju dermaga Pomako melalui jalan darat dan tiba pada pukul 03:00 waktu Timika. Bongkar muat perbekalan logistik serta BBM barang kami lakukan dengan bergotong-royong. Setelah selesai dan dirasakan sudah komplit dan siap semua, boat kami dengan panjang 10m dan mesin double Yamaha 50pk 4 tak dengan Bapak Yes sebagai Driver mulai berjalan perlahan.

Saya sempat tertidur karena masih lelah setelah menempuh perjalanan jauh. Setelah mulai terlihat sinar matahari pagi saya pun tersadar dengan banyaknya gemuruh ikan sardine dan lumba-lumba muara yang bermain dengan senangnya secara bergerombol keren sekali.

Saya lihat beberapa teman diantaranya bapak Dang, Ko Achun dan Hadi Wijaya sudah mempersiapkan tackle mereka saya pun tidak mau ketinggalan juga menyiapkan tackle saya.

Sampai dititik pertama setelah berlabuh jangkar dan posisi sudah pas, Ko Achun langsung lempar lure andalannya dan langsung STRIKE! Wuih! Hebat sekali ini dalam hati saya bergumam karena saya masih pasang leader belum selesai dan saya tinggalkan sementara untuk mengabadikannya dengan kamera. Belum juga ikannya naik ke perahu Pak Daeng sudah mendapatkan perlawanan juga dan begitu juga dengan Hadi Wijaya. Setelah selesai sesi photo Pak Daeng pun melempar umpan ketitik yang sama untuk kedua kalinya dan juga strike ikan Kakap Putih juga. Tetapi saya tidak dapat mengabadikannya karena beliau malu untuk diambil gambar. Dan ketiga Hadi Wijaya juga mendapatkan strike dengan spesies yang sama. Saya belum selesai lagi lakukan setting tackle.

Setelah selesai saya juga melakukan lemparan pada titik yang sama dan mendapat sambaran juga tapi kali ini nasib kurang baik ikan melakukan tariannya diudara dan terlepas. Setelah berkali-kali melakukan lemparan tidak mendapatkan sambaran, saya coba memainkan Rapala Jigging Rap dan Storm Gomoku Cafe untuk mencapai kedalaman maksimal di dasar sungai dan banyak sekali ikan tompel saya naikan secara bergantian sungguh menyenangkan. Pagi ini begitu sempurna dengan ikan Kakap, Kerapu dan ikan Tompel / Jenahak hanya dalam hitungan menit ikan sudah sangat banyak menurut saya. Tapi perjalanan belum usai kami lanjutkan menyisir dipinggiran sungai yang terdapat pohon-pohon tumbang dan dikira potensial. Memang silih berganti kami mendapatkan strike yang bertubi-tubi seperti mancing di kolam pemancingan saja.

Tepat pukul 12:00 siang kami beristirahat dipinggiran sungai ketika air pasang mulai naik dan tetap berlabuh dengan menggunakan jangkar untuk beristirahat sejenak sambil beberapa teman memancing dasaran dengan umpan udang dan ikan lemah (ikan kembung) dan apa yang terjadi. Niatnya saja istirahat tetapi itu tidak terjadi karena Pak Daeng, Ko Achun dan Hadi Wijaya dikejutkan dengan sambaran serempak umpan dasaran mereka secara bersamaan.

Panik karena ikan yang sulit dikendalikan membuat benang saling berkaitan tetapi dapat dengan segera diatasi dan ketiganya menaikan ikan multi dengan size monster. saya sangat takjub sekali. Kami diserbu dengan segerombolan ikan multi (senangin, kuro) dengan size sama semua dan sempat saya timbang dengan boga grip 15lbs. Ternyata over weight menandakan ikan lebih dari 7kg!

Saya yang berada di deck atas boat tetap konsisten menggunakan Storm Koika jig 40g dengan Storm Monster 621BHR. Mereka panen ikan multi saya panen ikan tawar atau gelama banyak sekali dan jig saya juga sempat disambar ikan multi. Saya senang sekali dan berteriak dengan bangga tetapi setelah mau diangkat ternyata ikannya kabur melarikan diri. Sedih dah…

Sampai sore kami terus melakukan perjalanan menyisir tepian sungai dimana titik potensial yang ada tak pernah lepas dari lemparan lure dan ikannya memang banyak sampai bosan untuk menaikan ikan. Menjelang sore, kami putuskan umtuk bertambat ditengah sungai dengan melabuhkan jangkar hal ini guna menghindari nyamuk Papua yang terkenal menyeramakan sambil makan malam dan minuman hangat disertai canda tawa matapun akhirnya terpejam pulas dengan senyum kepuasan yang didapatkan dihari pertama ini.

Pagi dihari kedua tiba setelah sarapan dan minuman hangat kami bersiap-siap menyisir sungai lagi sambil menuju arah pulang. Masih ditempat yang sama peristirahatan kami belum mandi dan gosok gigi Ko Achun dan Pak Daeng sudah silih berganti mendapatkan ikan Kakap Putih dan Kerapu monster serta Hadi Wijaya dengan ikan tompelnya. Setelah dirasa ikan tidak ada lagi ditempat kami istirahat mala mini kami pun mulai merapikan dan menata perbekalan kami diboat serta menyusun ikan didalam boks yang telah kami bawa. Pak Daeng berujar ini kita mesti buang es batu sebab ikan sudah tidak muat lagi karena banyaknya perolehan kami.

Kegiatan memancing dihari kedua ini tidak kalah serunya dengan hari pertama ikan begitu banyak sekali menurut saya tetapi Pak Daeng bilang ini masih sedikit alias trip AKAI (kurang memuaskan bagi beliau). Tapi kami tetap bersyukur dengan perolehan hasil ini.

Rapala Jigging Rap dan Storm Gomoku Cafe menjadi primadona dalam trip ini karena sangat efektif sekali yang membuat Pak Daeng dan Ko Chun menjadi bingung dengan perolehan strike yang saya dapatkan sangat banyak sekali. Tepat pukul 12:00 waktu Timika kami memutuskan untuk pulang ke dermaga Pomako tempat keberangkatan kami dan pada pukul 15:00 kami tiba di dermaga dan berkemas-kemas perbekalan kami dengan senyum kepuasan. Timika Begitu Indah. #salamsatuIndonesia

Bagi teman teman yang igin pergi memancing di perairan Timika silahkan kontak:

Pak Daeng HP +6281327573691
Wijayadi +62816227458
Email : wijayadiborneo@gmail.com

Spesifikasi boat :
Fiber boat panjang 9m lebar 2m dengan mesin penggerak 50PK X2 4T
Fiber boat panjang 14m lebar 2,5m dengan mesin penggerak 150PK X2

The media channel for Rapala South East Asia featuring a collection of product information, catch reports & fishing journals from all over South East Asia. Fish On! Live Your Passion! www.fishonmag.com